Current Issue

Vol 1 No 1 (2018): Juli - Desember
JURNAL FOKUS MANAJEMEN PENDIDIKAN

Jurnal ini merupakan wadah komunikasi ilmiah para mahasiswa S2 Administrasi Pendidiikan Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Nusantara Bandung.  Kemunculan pertama kali jurnal ini, sebagaimana jurnal-jurnal untuk mahasiswa, mempublikasikan karya ilmiah para mahasiswa S2 Administrasi Pendidikan. Hasil penelitian, gagasan, dan solusi alternatif untuk masalah-masalah administrasi dan manajemen pendidikan yang selema ini sirkulasinya hanya terbatas di lingkungan terbatas di kampus, melalui jurnal ini hendak diperluas. Sirkulasi pengetahuan menjadi lebih luas karena selain tulisan-tulisannya disajikan dalam bentuk arikel ilmiah di jurnal edisi cetak, juga disebarluaskan secara online.

Artikel-artikel ilmiah yang disajikan diangkat dari kenyataan empiris pada berbagai jalur dan jenjang pendidikan, yang kemudian dikaji dengan pendekatan manajemen/administrasi pendidikan. Persoalannya, bisa berupa persoalan kelembagaan pendidikan atau persoalan pembelajaran pada level kelas di sekolah. Bisa juga berupa bagian-bagian dari pengelolaan lembaga pendidikan seperti manajemen SDM, manajemen keuangan atau manajemen sumber balajar.

Kehadiran jurnal ini diharapkan turut membantu meningkatkan mutu karya tulis ilmiah mahasiswa dan menyediakan sumber rujukan baru untuk penelitian yang khususnya dilakukan para mahasiswa dalam penyusunan tesis.  Artikle jurnal ini menjadi bagian dari upaya menyajikan karya ilmiah yang menyambung state of the art khazanah pengetahuan dalam adminsitrasi/manajemen pendidikan.  Karya-karya mahasiswa yang disajikan dalam bentuk artikel ilmiah ini disusun berdasarkanhasil penelitian yang dilakukan untuk penulisan tesis.

Memang harus diakui, ada tema-tema dominan  dalam karya ilmiah yang dibuat mahasiswa. Misalnya, cukup dominan karya yang terkait dengan berbagai aspek manajemen/administrasi persekolahan. Karena memang, sebagian besar mahasiswa mendalami atau mengambil konsentrasi manajemen sekolah. Namun ada juga yang mendalami manajemen pendidikan luar biasa, pendidikan nonformal dan informal, pendidikan anak usia dini dan kajian kebijakan pendidikan. Hanya memang jumlahnya belum sebanyak kajian tentang persekolahan.

Pada edisi ini pun bisa dibaca masih cukup banyaknya kajian manajemen/administrasi persekolahan dibandingkan kajian manajemen/administrasi pendidikan di luar persekolahan. Karena itu, bila diibaratkan bangunan, sistem pendidikan kita memang di memiliki tiga tiang yakni pendidikan formal, pendidikan informal dan pendidikan nonformal.  Idealnya, kajian yang disajikan dalam jurnal ini pun mencakup tiga tiang besar itu. Namun yang dominan dan cukup kokoh memang kajian tentang manajemen/administrasi persekolahan.

Akhirnya, kami berharap apa yang disajikan dalam jurnal ini bermanfaat dan bermakna bagi pengembangan kajian administrasi/manajemen pendidikan. Kami juga berharap, apa yang tersaji dalam jurnal ini menjadi sumbangsih kecil dari Sekolah Pascasarjana Uninus pada kerangka pengetahuan administrasi/manajemen pendidikan yang mengkaji persoalan manajerial pendidikan di Indonesia.

Published: 2018-11-10
View All Issues